Sabtu, 06 Februari 2016

Model Dekorasi Pelaminan Adat Jawa

Bisa saja Anda menyerahkan semua masalah dekorasi pernikahan adat Jawa kepada penyedia jasa dekorasi. Akan tetapi, tentunya Anda ingin memastikan dekorasinya nanti seperti apa yang ada pada benak Anda. Dekorasi harus megah dan mewah karena pada dasarnya pernikahan itu dilakukan satu kali seumur hidup.
Oleh karena itu, Anda pasti ingin tahu detail untuk memastikan semua hal, tak terkecuali dekorasi dibuat sebaik mungkin. Jika Anda memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan sesuai adat Jawa, sudah barang tentu Anda harus tahu apa saja elemen-elemen dari dekorasi panggung adat Jawa.
Tentu ada banyak sekali. Tetapi, setidaknya ada beberapa elemen penting dalam dekorasi pernikahan adat Jawa.
Yang pertama adalah janur 1 pisang. Ada pepatah mengatakan “sebelum janur melengkung” artinya sebelum ada janur melengkung di depan rumah seorang wanita, maka artinya siapapun laki-laki memiliki kesempatan untuk mempersunting wanita tersebut.
Bukan istilah atau arti dari istilah tersebut yang penting, tapi ada penggunaan kata janur. Di dalam adat Jawa, janur itu menyimbolkan acara pernikahan. Sampai sekarang, orang yang menggelar acara pernikahan pasti menggunakan janur terlepas apakah acara resepsi tersebut digelar di rumah sendiri, di gedung atau di hotel.
Oleh karena itu, salah satu bagian dari dekorasi pernikahan khas Jawa adalah adanya janur. Janur ini didesain sedemikian rupa sehingga menjadi aksesoris menarik pada dekor.
Yang kedua gazebo jalan. Umumnya , nanti ada dua buah gazebo jalan. Yang satu sebagai entrance dan yang kedua untuk akses keluar. Gazebo ini bervariasi. Ada yang dibalut dengan kain ada juga yang 100% terbuat dari kayu. Untuk benar-benar menunjukkan kesan Jawa, sebaiknya gazoba masih terlihat batang kayunya sementara hanya sedikit sekali kain yang membelit gazebo tersebut sebagai variasi saja.
Yang ketiga standing flower. Memang dahulu tidak ada standing flower. Hanya saja, orang-orang dahulu membuat rangkaian mawar putih dan pasang di sebelah janur yang sudah didekorasi tinggi. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena penyedia jasa dekorasi pernikahan khususnya bergaya tradisional Jawa bisa membuat standing flowers yang sangat cantik. Setiap tamu yang datang pasti langsung tahu acara resepsi pernikahan mengambil konsep adat Jawa.
Yang keempat adalah background. Ini bagian yang cukup sulit untuk dibuat. Pembuat dekorasi harus fokus dan meluangkan banyak waktu untuk membuat background ini. Biasanya ada dua buah background. Yang pertama background layar dan background palem. Di sana juga nanti ditempatkan dua patung yang orang Jawa sebut Roro Blonyoh satu pasang. Pada dasarnya, sepasang patung ini ditempatkan pada bagian tengah rumah joglo orang Jawa da nada space yang digunakan untuk menyimpan padi. Ini adalah simbol keserasian dan kesejahteraan kedua mempelai. Bisa dikatakan patung ini merupakan doa semoga pasangan baru bisa hidup sejahtera.
Itulah beberapa elemen yang akan Anda temukan pada dekorasi pernikahan khas Jawa. Ingin menggelar acara pernikahan dengan dekorasi tersebut? Sekarang memang sudah tidak banyak yang menggunakan dekorasi semacam itu. Kebanyakan menggunakan dekorasi minimalis modern. Lebih sederhana dan mudah untuk dibuat.

Namun, jika Anda tertarik, Anda bisa kunjungi www.sewatendacikarang.com. Ini adalah penyedia sewa tenda dengan berbagai variasi. Selain itu, Anda juga sekalian bisa menyewa semua perlengkapan pernikahan mulai dari kursi, meja, meja saji, dan segala macam peralatan yang Anda butuhkan untuk menjamu para tamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar